Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran
BIDANG KEAHLIAN : BISNIS DAN MANAJEMEN
PROGRAM KEAHLIAN : MANAJEMEN PERKANTORAN
KOMPETENSI KEAHLIAN : OTOMASI DAN DATA KELOLA PERKANTORAN
VISI
Menghasilkan pegawai /staff otomatisasi kelola perkantoran yang berkarakter,
berbudaya dan berkemampuan handal dalam memasuki dunia kerja di era
global/milenial
MISI
Mempersiapkan siswa yang berkarakter,berbudaya dan mampu berkomunikasi menggunakan bahasa nasional dan asing
Mempersiapkan siswa yang berkarakter,berbudaya dan mempunyai pengetahuan ,serta keterampilan pada keahlian otomatisasi dan tata kelola perkantoran
Mempersiapkan siswa yang berkarakter,berbudaya dan terampil dalam penguasaan teknologi perkantoran.
Ruang Lingkung Kegiatan OTKP
1. Melakukan Penggandaan
Peserta didik diupayakan bisa melakukan kegiatan perkantoran yang berkaitan dengan menggandakan dokumen, biasanya berhubungan dengan pengoperasian mesin-mesin kantor, misalnya : Mesin fotokopi, mesin scanner, mesin Printer
2. Membuat Surat menyurat
Kompetensi surat-menyurat ini merupakan salah satu kompetensi yang sering dilakukan oleh para administrasi di lingkungan perusahaan, untuk itu agar peserta didik kompeten dalam membuat surat menyurat maka peserta didik dilatih dalam menyusun, mengonsep, serta membuat surat dengan menggunakan teknologi perkantoran.
3. Melakukan Kearsipan
Tidak mudah untuk melakukan kearsipan, di kompetensi OTKP peserta didik berusaha untuk bisa menyimpan dokumen dengan baik. Baik dokumen berupa berkas-berkas maupun dokumen secara elektronik.
4. Melakukan Pengetikan.
Peserta didik berusaha untuk bisa melakukan kegiatan pengetikan menggunakan PC dan aplikasi Typing Master sehingga dalam pengetikan sangat cepat dan tepat
5. Melakukan Komunikasi.
Peserta didik belajar bagaimana cara melakukan komunikasi dengan baik dengan pelanggan, baik secara langsung maupun menggunakan media online.
6. Pengelolaan Sarana Prasarana
Selain melakukan kegiatan-kegiatan yang telah disebutkan peserta didik juga dilatih untuk bias menguasai cara penggunaan sarana prasarana yang biasa dilakukan baik di instansi pemerintah maupun swasta.
7. Mengelola Kepegawaian
Dalam melakukan kegiatannya, seorang administrasi harus memiliki keahlian dalam mengelola kepegawaian, misalnya menguasai teknologi cara mengelola pegawai di suatu perusahaan, mengetahui aturan-aturan kepegawaian dan lain sebagainya.