Bisnis Daring dan Pemasaran

Bisnis Daring dan Pemasaran (BDP) merupakan sebuah kompetensi keahlian yang mempelajari dasar-dasar kemampuan dan keilmuan menjadi seorang marketing baik marketing secara konvensional maupun melalui media daring (Online/internet). di kompetensi bDP peserta didik akan mempelajari strategi pemasaran, kewirausahaan, dan membaca peluang di dunia bisnis.

Ruang lingkup pekerjaan bagi lulusan kompetensi bisnis daring dan pemasaran adalah jenis pekerjaan atau profesi yang relevan dengan kompetensi yang tertuang di dalam tabel SKKNI keahlian pada jenjang SMK Antara Lain:
  1. Pramuniaga : perusahaan jasa, perusahaan dagang, perusahaan manufaktur, instansi pemerintah/swasta, ritel, toko, supermarket dan dealer.
  2. tenaga pemasaran: Tenaga administrasi penjualan dan pembelian
  3. Kasir
  4. Tenaga Pembelian : Koperasi : manajer Koperasi, Pemasaran pembukuan
  5. perantara dagang : Pabrikasi seperti pergudangan, keungan dan distribusi barang

Perlu diketahui bagi semua, kompetensi bisnis dari dan pemasaran yang tedapat di sMK iCB Cinta Niaga memiliki kelebihan dibanding dengan kompetensi yang lain, karena kompetensi BDP ini sudah bekerjasama dengan perusahaan ritel toserba yogya.

Kerjasama yang dilakukan meliputi:
  1. Praktek Kerja lapangan (PKL), kegiatan ini diikuti oleh kelas XI dan XII selama 6 bulan lamanya, sehingga dengan adanya kegiatan ini peserta didik lebih menambah wawasan dan keterampilan serta dapat meningkatkan keahlian kompetensi yang dimiliki khususnya di bidang pemasaran.
  2. magang guru, selain melibatkan peserta didik, juga melibatkan guru. dalam hal ini tim pengajar kompetensi BDP ditempatkan ke toserba yogya untuk melakukan magang guru. tujuannya yaitu untuk menambah kematangan keahlian serta profesionalisme dalam bekerja.
  3. uji kompetensi, pelaksanaan uji kompetensi disini dilakukan di akhir kegiatan kelas XII, yang mana peserta didik di uji kompetensi di bidang pemasaran seperti, mengelola admnistrasi transaksi, display produk, mempromosikan produk, menjadi kasir, dan lain sebagainya oleh tim penguji dari pihak toserba yogya.

Kerjasama yang dilakukan meliputi:
  1. Praktek Kerja lapangan (PKL), kegiatan ini diikuti oleh kelas XI dan XII selama 6 bulan lamanya, sehingga dengan adanya kegiatan ini peserta didik lebih menambah wawasan dan keterampilan serta dapat meningkatkan keahlian kompetensi yang dimiliki khususnya di bidang pemasaran.
  2. magang guru, selain melibatkan peserta didik, juga melibatkan guru. dalam hal ini tim pengajar kompetensi BDP ditempatkan ke toserba yogya untuk melakukan magang guru. tujuannya yaitu untuk menambah kematangan keahlian serta profesionalisme dalam bekerja.
  3. uji kompetensi, pelaksanaan uji kompetensi disini dilakukan di akhir kegiatan kelas XII, yang mana peserta didik di uji kompetensi di bidang pemasaran seperti, mengelola admnistrasi transaksi, display produk, mempromosikan produk, menjadi kasir, dan lain sebagainya oleh tim penguji dari pihak toserba yogya.