Kiat-kiat Masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN)

Tentunya kalian mau banget dong masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang kalian impi-impikan? Nah sobat-sobat artikel, disini mimin akan bagikan tips-tips biar bisa masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN), karena disini mimin juga termasuk salah satu siswa yang lolos dalam SNMPTN. Tapi selain tips-tips untuk bisa lolos jalur SNMPTN mimin juga bakalan ngasih tips-tips SBMPTN dan Ujian Mandiri. 
Tapi Sebelum itu apas sih SNMPTN, SBMPTN, dan Ujian Mandiri itu?

1. Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)
Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau yang disingkat dengan SNMPTN adalah salah satu jalur yang pertama kali kalian harus lakukan. sesuai namanya jalur SNMPTN ini diselenggarakan serentak secara Nasional. Jaluar SNMPTN ini Merupakan salah satu jalur masuk ke Perguruan TInggi Negeri (PTN) yang dilihat dari nilai raport semester 1-5.

Jadi secara lebih jelasnya, raport kalian dari semester 1-5 akan dikirimkan oleh pihak sekolah ke perguruan tinggi negeri yang kalian tuju dengan syarat kalian sudah mendaftar pada PTN dan program stuid yang telah kalian daftarkan. PTN yang kalian tuju akan mengakumulasikan nilai-nilai raport kalian dengan peserta-peserta lainnya. peluang kalian akan lebih besar jika ada alumni sekolah kalian yang diterima di perguruan tinggi negeri yang kalian pilih dan jika akreditasi sekolah kalian bagus.

Di tahun 2020 ini untuk kuota SNMPTN, masing-masing PTN memiliki daya tamping yang berbeda-beda, kalian bisa melihatnnya di https://webs.snmptn.ac.id/ptn. disana kalian tinggal klik PTN berserta program studi yang kalian mau.

Nah karena jalur SNMPTN ini dilihat dari niilai raport, kalian tidak perlu mengikuti ujian lainnya jika kalian lolos dari jalur SNMPTN, keren banget bukan? tapi nyatanya tidak segampang itu sobat artikel. banyak diluaran sana yang memiliki nilai raport bagus tapi hasilnya tidak lolos dalam jalur SNMPTN, kenapa bisa? nah makanya dari itu disini mimin mau bagian kiat-kiat masuk PTN SNMPTN, SBMPTN dan Ujian Mandiri.

2. Seleksi Bersama Masuk Perguruan TInggi Negeri (SBMPTN)
Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau disingkat SBMPTN adalah salah satu jalur kedua yang harus kalian lakukan jika kalian tidak beruntung dalam jalur SNMPTN. Jalur SBMPTN ini sama seperti jalur SNMPTN yang diselenggarakan serentak secara nasional. Namun berbeda dengan SNMPTN, jika SNMPTN dilakukan secara gratis, untuk SBMPTN kalian harus membayar untuk ujian tertulis yang akan diselenggarakan nantinya.

Jika jalur SNMPTN dilihat melalui nilai raport, beda halnya dengan jalur SBMPTN. Jalur ini dilihat melalui nilai Ujian tertulis yang telah kalian lakukan melalui Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Kemampuan Dasar (TKD).

3. Ujian Mandiri
Jika kalian tidak beruntung juga dalam emngikuti SBMPTN, hal terakhir yang harus kalian lakukan adalah Ujian Mandiri. Ujian Mandiri ini biasanya dilakukan oleh Perguruan Tinggi Negeri (PTN) masing-masing namun tidak semua PTN mengadakan jalur ujian mandiri. Untuk tata cara ujian mandiri setiap PTN memiliki kebijakannya sendiri, ada yang mengharuskan adanya tes tertulis dan ada pula diambil dari nilai SBMPTN yang diperoleh.

Nah kalian sudah mengerti itu SNMPTN, SBMPTN dan Ujian Mandiri, sekarang mimin mau kasih tahu apa aja sih kiat-kiat untuk bisa masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN)?

1. Belajar
Belajar tentulah menjadi dasar yang wajib kita lakukan agar bisa diterima jalur SNMPTN, SBMPN ataupun Ujian Mandiri. Dikarekanakan jalur SNMPTN dilihat dari nilai Raport semester 1-5, disini kita sudah bisa menyimpulkan bahwa kita sudah harus  giat belajar dari semester 1 dan tetap konsistem sampai seterusnya agar kita bisa bersaing dengan peserta-peserta lainnya di masa mendatang.

Jika kalian tidak beruntung di jalur SNMPTN kalian harus berjuang di SBMPTN. Disini kalian harus lebih giat belajar, harus sering melatih diri kalian dengan soal-soal SBMPTN atau jika perlu kalian mengikuti bimbel untuk lebih mengasah kemampuan kalian.

Dan jika kalian gagal dalam SBMPTN masih ada Ujian Mandiri yang harus benar-benar kalian perjuangkan untuk bisa masuk ke PTN yang kalian inginkan. Jangan ngikutin rasa malas kalian, karena semua butuh perjuangan sobat artikel.

2. Cari kompetensi kamu
Selain belajar, mencari kompetensi dalam diri kalian juga sangat penting loh. Ini dikarenakan jika kalian memilih program studi sesuai dengan kompetensi yang kalian punya, kalian akan terus bersemangat mengejar program studi yang sesuai dengan kompetensi kalian dan secara tidak sadar kalian akan belajar lebih giat untuk mencapai cita-cita kalian.

3. Cari informasi tentang program yang kamu pilih
Poin ke 3 ini dimaksudkan agar kalian dapat mencari informasi-informasi dari PTN dan program studi yang kalian inginkan. Misalnya "seperti apa sih pembelajarannya?", Kendala-kendala yang bakalan dihadapi seperti apa ya", "kira-kira kompetensi yang ada di dalam diri aku bisa cocok gak ya sama program studi yang aku inginkan?", nah kurang lebih seperti itu sobat artikel. Jadi kalian harus sesering mungkin mencari informasi agar kalian tidak salah memilih jurusan.

Nah, memilih studi selain mencari kompetensi yang ada pada diri kalian, kalian juga bisa meminta sarana kepada guru kalian jikalau kalian sulit untuk memilih program studi.

4. Cari PTN dan program studi yang relevan
Untuk bisa lolos SNMPTN, ini sangat penting diperhatikan. banyak diluaran sana yang memiliki nilai raport bagus tetapi tidak lolos dalam SNMPTN? mengepa bisa terjadi? ini dikarenakan mereka tidak relevan memilih PTN dan program sutdi yang mereka daftarkan. Ketika kalian sudah memilih jurusan yang sesuai dengan kompetnsi dan cita-cita kalian, kalian harus tetap merelevankan dengan jurusan kalian di SMA/SMK/MA. Tips untuk memilih PTN dan program studi yang relevan, diantaranya:
  • Cari PTN yang dulunya pernah menerima alumni dari sekolah kalian
  • Jangan memilih jurusan yang tidak ada sangkutpautnya dengan jurusan kalian di SMA/SMK/MA.
  • Cari PTN yang program studinya memiliki daya tampung yang besar. Ini dikarenakan semakin tinggi daya tampung semakin besar pula peluang lolosnya, begitu pula sebaliknya.
Poin diatas itu untuk SNMPTN ya kalau SBMPTN dan Ujian Mandiri kalian bebas memilih perguruan tinggi negeri dan progra studi apa saja yang terpenting kalian bisa mengerjakan ujian tertulis nanti.

5. Lampirkan sertifikat sesuai program studi yang kamu pilih
Poin ini adalah salah satu factor pendukung agar kalian bisa lolos SNMPTN. Jika peserta-peserta lainnya hanya melampirkan raport mereka di semester 1-5, lalu kalian melampirkan sertifikat, itu sudah jadi poin plus buat kalian lo. Tapi ingat ya isi sertifikat dan program studi kalian harus tetap relevan.

6. Doa orang tua dan selalu berdoa
Nah jika poin-poin diatas sudah dilaksanakan, hal yang terakhir harus kalian lakukan adalah terus berdoa dan meminta doa kepada orang tua agar diloloskan dalam jalur baik itu SNMPTN, SBMPTN maupun Ujian Mandiri.

Poin-poin di atas juga termasuk pengalaman mimin agar lolos jalur SNMPTN, jadi kalian harus hati-hati ya dalam memilih jurusan dan yang terpenting belajar. Untuk yang belum beruntung jalur SNMPTN, masih ada SBMPTN dan ujian mandiri. Semangat masih banyak cara buat menggapai cita-cita kalian, perjuangan kalian gak sampai disini aja, masa depan masih Panjang, terus berikhiar dan bertawakal.

Oke segitu saja yang bisa mimin sampaikan disini, mudah-mudahan ada manfaatnya buat kalian yang membacanya.

Salam dari mimin Anggun Nurfadilla ^_^